-->

Tips Menjaga Kesehatan di Saat Pergantian Musim Hujan dan Musim Dingin




Pada umumnya, saat pergantian musim, baik dari musim panas ke musim hujan, maupun dari musim hujan ke musim panas, akan banyak penyakit-penyakit menular yang menjadi wabah di lingkungan kita, contohnya: batuk pilek, demam berdarah, demam tinggi, diare, dll.

Untuk itu kami berikan tips-tips kesehatan untuk mencegah anda tertular dengan penyakit-penyakit tersebut.

1. Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan tidak hanya pada kebersihan tubuh anda, namun juga kebersihan lingkungan tempat anda tinggal dan beraktivitas (rumah atau kantor) anda.

Lingkungan yang bersih akan membuat kuman-kuman penyakit enggan untuk bersarang di tempat tersebut.

Anda dapat membersihkan rumah atau kantor anda secara berkala dan jika perlu, anda dapat menggunakan disinfektan untuk membunuh bakteri-bakteri yang bersarang di tempat anda. Jangan lupa untuk cuci tangan dengan menggunakan sabun.

2. Hindari Tempat Yang Terlalu Ramai


Tempat yang ramai merupakan salah satu tempat yang paling umum sebagai penyebab seseorang tertular penyakit karena banyak orang yang secara tidak sadar sedang menularkan penyakit kepada orang lain ketika sedang bepergian di tempat ramai. Beberapa contohnya adalah: seseorang yang sedang sakit flu namun tidak menggunakan masker, lalu seseorang yang masih dalam masa penyembuhan namun tetap memaksakan untuk pergi ke tempat keramaian (padahal bagi sebagian besar penyakit, masa penyembuhan adalah puncak masa penularan).

Contoh tempat yang terlalu ramai yaitu: Mall, taman bermain (Playground) anak, pasar, angkutan massal, dan lainnya.


Jika aktivitas anda memang memaksakan anda untuk berada di tempat keramaian tersebut, maka anda dapat melindungi diri sendiri dengan memakai masker, tidak memakai pakaian terlalu terbuka, serta bersihkan tubuh anda setelah beraktivitas.

3. Makan Buah dan Minum Banyak Air Putih Secara Teratur

Makan buah dapat meningkatkan daya tahan tubuh anda, terutama buah dengan kandungan Vitamin C yang besar. Sedangkan minum banyak air putih secara teratur dapat mencegah dehidrasi, melancarkan pencernaan anda, serta meningkatkan kesehatan. Menurut penelitian, orang dewasa minimal minum air putih sebanyak 2 liter per hari.

4. Tidur yang Cukup

Tidur merupakan salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda sehingga anda tidak mudah tertular penyakit. Menurut studi yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine, ditemukan bukti bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam hampir tiga kali lebih rentan terhadap pilek dibandingkan dengan orang yang tidur cukup delapan jam sehari.



Sekian tips-tips yang dapat kami berikan untuk menjaga kesehatan anda saat pergantian musim, semoga tips diatas dapat berguna untuk menjaga kesehatan anda.

Ads

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel